Simak Yuk 5 Cara Liburan Seru Ajarkan Nasionalisme pada Generasi Milenial

Makin mengembangnya tehnologi serta arus globalisasi, perasaan nasionalisme di kelompok pemuda dapat terkikis perlahan. Generasi milenial yang dekat dengan budaya moderen mulai tidak kenal budaya Indonesia.

Budaya luar yang dikonsumsi lewat film, lagu, atau siaran di internet sering dipandang lebih bagus serta viral dibanding budaya asli Indonesia. Bahkan juga, sekarang ada cenderung anak-anak lebih senang menggunakan Bhs asing untuk berkomunikasi dibanding bhs ibu sendiri, yakni Bhs Indonesia.

Perubahan itu masih dapat dikonsumsi generasi muda tak perlu tinggalkan budaya Indonesia. Lewat cara menyenangkan sekalian berlibur, dapat belajar budaya Indonesia dengan beberapa langkah yang menyenangkan.

Diantaranya dengan habiskan berlibur di Kampung Warna Kerjasama dari JAPFA yang akan diselenggarakan pada 7-11 September 2018 di AEON BSD Mall. Pada acara ini ada beberapa spot untuk belajar nasionalisme lewat cara yang menyenangkan.

Tersebut 5 perihal sengit yang dapat Anda jumpai dalam Kampung Warna Kerjasama untuk mengajari nasionalisme buat generasi milenial sembali memakan waktu berlibur, seperti launching yang di terima Liputan6. com, Selasa (28/8/2018).

1. Melihat film edukasi Indonesia

Tidak kalah dari beberapa negara lainnya, industri film di Indonesia juga makin berkibar. Supaya generasi muda dapat semakin menyukai negerinya, ia dapat dibawa untuk melihat film histori atau edukasi.

Contohnya saja film Kartini serta Soekarno yang bercerita layanan pahlawan nasional, atau film Laskar Pelangi serta Sinar dari Timur yang dapat menyemangati anak untuk belajar serta berprestasi setinggi mungkin.

2. Berkunjung ke museum

Salah satunya langkah untuk menumbuhkan perasaan nasionalisme pada generasi muda yaitu dengan mengajaknya berkunjung ke museum-museum yang berada di Indonesia, seperti Museum Nasional Indonesia berisi koleksi histori Indonesia seperti prasasti serta keramik. Juga bisa ke Museum Fatahillah berisi keterangan histori berdirinya Kota Jakarta. Serta Museum Wayang berisi lebih dari 4. 000 koleksi wayang dari beberapa negara, terpenting dari Indonesia.

3. Memperkenalkan Narasi Rakyat Indonesia

Generasi muda zaman saat ini ingat dengan alur cerita komik superhero dari Amerika. Tetapi, mereka mungkin tidak pernah dengar serunya cerita-cerita rakyat dari Indonesia, seperti cerita Timun Mas, Tangkuban Perahu, serta Rara Jonggrang. Terdapat beberapa perihal yang dapat ia tekuni dari narasi rakyat, seperti nilai budaya serta pentingnya melakukan perbuatan baik pada sesama.

4. Coba permainan tradisional

Kedatangan gadget dapat membuat generasi muda ketagihan serta malas keluar rumah. Coba kurangi ketergantungan itu dengan mengajaknya bermain permainan tradisionil seperti gobak sodor, engklek, kelerang bola bekel, congklak, serta lompat tali. Permainan ini bisa menumbuhkan jiwa sportivitas serta kerja sama.

5. Nikmati kekayaan kuliner Indonesia

Indonesia diketahui menjadi salah satunya negara dengan kekayaan kuliner terunggul didunia. Janganlah sia-siakan peluang emas ini untuk membawa mereka berkelana serta mengeksplor keberagaman sajian Indonesia, dari mulai Sabang sampai Merauke.

jadwal kapal pelni dorolonda maret 2019
jadwal kapal awu juni 2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s